Senin, 01 Juli 2013

Yokogaki



Yokogaki

(井□恵理)22日に開募する第85回記念
選抜高校野球大会の開会式と閉の司会
を、長崎県立 早高校2年の犬塚千裕さん
          Bila komputer kalian belum bias dibuat untuk menulis tulisan jepang, kalian terlebih dahulu mengaktifkan aplikasi yang sudah ada dalam Windows.
Caranya bisa diikuti seperti petunjuk dibawah ini:
1.Klik Start Menu, pilih Control Panel, lalu Klik “Change keyboards or other input methods”




2.Akan keluar kotak seperti ini. Pada tab “Keyboards and Languages” klik tombol “Change Keyboards”.



3.Lalu muncul lagi kotak “Text Services and Input Languages”. Untuk menambahkan keyboard jepang, klik tombol “Add” pada tab “General”


4.Cari bahasa Japanese (Japan) dan centang opsi “Japanese” dan “Microsoft IME”, lalu klik OK.


5.Setelah selesai langkah di atas, anda sudah berhasil menginstalasi  keyboard Jepang di komputer anda.


Sekarang kita akan mencoba menulis bahasa jepang dalam Microsoft Word.
6.Buka MS.Word dengan cara mengklik tombol Start Menu, lalu pilih MS.Word. Atau anda juga bisa membuka jika sudah ada di desktop anda.

7.Setelah MS.Word terbuka, kita harus mengaktifkan pengaturan yang telah kita buat tadi terlebih dahulu dengan mengklik pilihan bahasa yang ada di kanan bawah desktop, lalu Pilih JP Japanese (japan).

8.Setelah itu akan keluar tampilan seperti ini.

9.Jika fungsi keyboard jepang telah aktif, anda tetap bisa menulis  huruf latin karena ada pengaturan lagi setelah itu, tapi tenang saja, karena sangat mudah.

10.Untuk dapat menulis dalam bahasa jepang, klik input mode di kanan bawah desktop tadi yang bertuliskan huruf “A” (lihat gambar) lalu kita ganti modenya ke Hiragana.

Sekarang huruf “A” tadi sudah berubah menjadi huruf “A” dalam hiragana (あ), tandanya input mode sudah berubah.


11.Jika sudah berubah seperti diatas, maka kita juga sudah bisa menulis dengan huruf Hiragana. Caranya hanya tinggal mengetikkan kata yang hendak kita tulis pada keyboard sepeti biasa, maka secara otomatis akan langsung berubah menjadi huruf Jepang.

12.Jika kita ingin menulis selain dengan huruf Hiragana, maka yang harus kita lakukan adalah menekan tombol spasi beberapa kali sehingga kita akan mendapatkan kata yang sesuai dengan Katakana atau Kanji.

13.Jika anda ingin kembali mengetik dengan huruf latin, klik lagi tombol yang di kanan bawah desktop tadi untuk mengembalikan ke input mode semula.
14.Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar